Rabu, 24 November 2010

SEKAPUR SIRIH


Drs. BOIMIN 
(Ketua MGMP Matematika SMP OKU Timur)

MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) merupakan wadah yang paling ideal bagi guru sebagai penghubung antara pemberi kebijakan dengan pelaksana, sehingga Tujuan Pendidikan Nasional dapat tercapai dengan optimal. Untuk itu keberadaan MGMP Matematika sangat diperlukan sekali sebagai ajang tukar pikiran para guru-guru MATEMATIKA dalam menyelesaikan permasalahan yang timbul dalam tugasnya masing-masing di sekolah.
Musyawarah Guru Mata Pelajaran MATEMATIKA Kabupaten OKU Timur Kecamatan Belitang Madang Raya memerlukan pola program kerja yang relevan sehingga dapat dipergunakan sebagai pedoman kegiatan bersama dalam mengembangkan kemampuan profesionalisme guru. Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh guru-guru Matematika baik negeri dan swasta di Kabupaten OKU Timur Kecamatan Belitang Madang Raya  dapat saling bertukar pikiran dan berbagi pengalaman khususnya dalam rangka menerapkan Kurikulum yang sesuai. Kenyataan menunjukkan bahwa pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mengalami banyak kendala di lapangan baik menyangkut subtansi materi, pelaksanaan penilaian, penggunaan media pembelajaran maupun skenario pembelajaran yang diterapkan. Pemahaman dan pelaksanaan KTSP di sekolah pada kenyataannya masih terdapat persepsi yang berbeda-beda. Belum disadari oleh seluruh civitas akademika bahwa KTSP harus disusun sendiri oleh seluruh stake holder sekolah yang mengacu pada situasi, kondisi dan kebutuhan sekolah beserta masyarakat. Pada sisi lain guru kadang kesulitan mencari sumber bahan ajar karena terbatasnya sarana dan prasarana sekolah. Selain itu Perkembangan ilmu dan teknologi menuntut para guru untuk selalu mengikutinya. Pembelajaran yang hanya mengandalkan buku-buku pelajaran yang ada di sekolah belum cukup untuk menjawab tantangan pembelajaran yang berorientasi pada kemajuan IPTEK. Di sini perlu adanya sumber belajar yang beragam dan aktual serta sejalan dengan perkembangan ilmu dan pengetahuan. Penggunaan Information Communication and Technology (ICT) sudah dipandang perlu untuk menunjang proses pembelajaran di kelas. Pada kesempatan ini MGMP MATEMATIKA SMP Kabupaten OKU Timur Kecamatan Belitang Madang Raya memberikan alternatif media informasi dan komunikasi berupa Blog MGMP Matematika yang dapat di akses oleh semua guru Matematika pada khususnya dan guru pada umumnya. Tujuan yang akan dicapai dengan adanya blog ini adalah :
1.      Sebagai media komunikasi bagi anggotanya.
2.      Adanya data base semua anggota MGMP yang dapat diakses secara on-line
3.      Semua anggota MGMP dapat mengakses blog MGMP untuk keperluan pembelajaran. MGMP dapat mempublikasikan program-program yang telah direncanakan kepada anggotanya ataupun instansi yang memerlukan secara on-line

Tidak ada komentar:

Posting Komentar